Daun Kelor

On 51/100:8

Daun Kelor merupakan tumbuhan dari suku Moringaceae yang mempunyai bentuk bulat seperti telur, ukurannya kecil-kecil, bertumpuk majemuk dalam satu tangkai, biasa digunakan untuk membuat sayur atau obat. Daun kelor yang termasuk dalam macam-macam tanaman obat keluarga ini dianjurkan oleh WHO, organisasi kesehatan dunia untuk dikonsumsi oleh bayi dan anak-anak pada usia pertumbuhan dikarenakan mengandung banyak sekali vitamin dan mineral.

Sedangkan pemanfaatan daun kelor sebagai TOGA umumnya untuk pencegahan penyakit, seperti panyakit jantung, kanker, diabetes, dan arthritis. Sudah banyak sekali penelitian atau studi ilmiah yang melibatkan daun kelor sebagai objek utama yang diteliti. Hal yang perlu diingat adalah tidak semua bagian daun kelor aman dimakan. Bagian akarnya lebih baik dihindari karena mengandung zat beracun yang bisa menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian. Ibu hamil juga tidak dibolehkan konsumsi daun kelor.

Berikut manfaat daun kelor untuk kesehatan:

Melawan Diabetes

Kelor mengandung asam klorogenik yang telah terbukti dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan memungkinkan sel untuk mengambil atau melepaskan glukosa sesuai kebutuhan.

Selain asam klorogenik, senyawa isothiocyanate yang terkandung dalam daun kelor juga mampu memberikan perlindungan alami terhadap diabetes. Daun kelor juga memiliki efek positif pada kontrol glukosa darah dan kadar insulin pada pasien dengan diabetes. 

Melancarkan Pencernaan 

Daun kelor dapat membantu mengobati beberapa gangguan lambung seperti sambelit, gastritis, dan kolitis ulserativa. Sifat antibiotik dan antibakteri dari kelor dapat membantu menghambat pertumbuhan berbagai virus. Kandungan vitamin B yang tinggi pada daun kelor juga membantu memelihara kesehatan pencernaan. 

Menguatkan Tulang

Daun kelor mengandung kalsium dan fosform yang membantu menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Sifat antiperadangan yang bisa diperoleh dari daun kelor dapat membantu mengobati kondisi seperti radang sendi dan membantu menyembuhkan tulang yang rusak. 

Mengobati Asma

Kelor dapat membantu mengurangi asma dan melindungi bronkial dari penyempitan. Daun kelor juga terbukti membantu fungsi paru-paru dan pernafasan secara keseluruhan. 

About Author

silverstar
The most difficult thing is the decision to act, the rest is merely tenacity. The fears are paper tigers. You can do anything you decide to do. You can act to change and control your life; and the procedure, the process is its own reward.

Related Post

Leave Reply